Selasa, 28 Februari 2012

  1. Kebiasaan mencolokkan kabel saat baterai telah penuh awal kerusakan baterai.  Selain itu anda juga dapat melepas baterai dan hanya menggunakan listrik saja, namun ini beresiko kehilangan data jika listrik mendadak mati serta kerusahan pada harddisk jika listrik matri berulang kali.
  2. Tidak baik untuk membiarkan baterai dalam keadaan dorman untuk jangka waktu yang lama. Setelah diisi, anda sebaiknya menggunakan baterai tersebut setidaknya sekali dalam 2-3 minggu.
  3. Bila anda akan menyimpan notebook dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghindari jamur.
  4. Jauhkan laptop dari air seperti minuman yang diletakkan dimeja tempat menaruh laptop hal ini dapat menyebabkan terjadinya konsleting jika laptop kena air.
  5. Jangan biasakan bekerja sambil menaruh laptop di pangkuan dalam waktu lama, radiasi laptop akan mengganggu kesehatan reproduksi dan berakibat fatal jika terjatuh.
  6. Jangan letakkan laptop di lantai karena berisiko laptop terinjak kaki orang.
  7. Tancapkan ke stabilizer listrik laptop anda karena bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop anda.
  8. Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop karena beresiko layar tergores menjadi besar.
  9. Jangan letakkan laptop anda pada permukaan yang telalu empuk (sofa atau kasur) karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop dan menjadikan laptop anda kepanasan.
  10. Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop anda sendiri jika anda bukan teknisi laptop.
  11. Untuk membersihkan layar pakailah pembersih khusus layar LCD. Jangan menyemprotkan langsung pada layar, karena bisa menyebabkan permukaan LCD (Liquid Criystal Display) menjadi belang, tapi semprotkan pada kain pembersih  (kain katun). Bersihkan secara searah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan, serja jangan menekannya terlalu keras.
  12. Jangan meninggalkan notebook di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari karena dapat menyebabkan kerusakan komponen-komponen notebook.
  13. Untuk melindungi data yang ada di dalam hard disk, janga letakkan piranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook.
  14. Jangan memberikan penutup apapun termasuk sarung laptop pada saat laptop anda dalam keadaan menyala karena dapat menganggu sirkulasi udara di dalam laptop.
  15. Hindari getaran dan jauhkan laptop dari alat pengeras suara, misalnya loundspeaker, mesin/kendaraan berat, dan sumber getaran karena dapat merusak hard disk laptop.
  16. Ketika akan mengangkat laptop yang sedang terbuka (dalam kondisi mati), jangan mengangkatnya sambil memegang pada bagian display/layar, angkatlah pada bagian bawah/kerboard.
  17. Jangan pindah-pindahkan laptop pada saat masih hidup karena apabila digerakkan dapat menyebabkan head hard disk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal (kehilangan data).
  18. Hindari meletakkan laptop di dalam tas dengan barang yang terlampau penuh dengan barang-barang, karena akan menyebabkan terjadinya tekanan yang keras pada laptop.
Ttips ini saya temukan didalam dus netbook lenovo, Semoga tips ini bermanfaat.

0 komentar :

Posting Komentar