Senin, 26 Maret 2012


Kelapa sawit adalah tumbuhan industri penting penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar. Perkebunannya menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Di Indonesia penyebarannya di daerah Aceh, pantai timur Sumatra, Jawa, dan Sulawesi.( Wikipedia 2006 : 122 )     
Kelapa Sawit merupakan jenis palem yang berbentuk pohon. Kelapa Sawit didatangkan ke Indonesia oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1848. Beberapa bijinya ditanam di Kebun Raya Bogor, sementara sisa benihnya ditanam di tepi-tepi jalan sebagai tanaman hias di Deli, Sumatera Utara pada tahun 1870-an. Sejak 1911 mulai dibudidayakan.( John Dicho )
            Sawit memang secara alami tumbuh di tempat berawa-rawa di tempat berawa (swamps), di sepanjang bantaran sungai dan di tempat basah. Tetapi sawit tidak dapat hidup di hutan hujan tropis tanaman ini tidak dapat tumbuh karena terlalu lembab dan tidak mendapat sinar matahari karena ternaungi kanopi tumbuhan yang lebih tinggi. (Beonard).
            Tetapi terkadang walaupun sudah tumbuh di daerah rawa-rawa sawit tetap tidak subur jika tidak terawat dengan baik. Seperti sawit yang tumbuh di perkarangan SMA MUHAMMADIYAH BELILAS. Sawitnya kurang terawat dan banyak sampah disekitar pohon, padahal jika dilihat dari tempat hidupnya sangat mendukung karena tumbuh di dekat bantaran sungai dan tempatnya cukup lembab (berawa). Ini dikarenakan kurangnya perawatan dan pengelolaan tempat sampah yang kurang memadai karena sampah-sampah yang ditumpuk disekitar pohon sawit.
            Kesimpulanya kelapa sawit yang ada di Sma Muhammadiyah Belilas tidak subur dan tidak terawat. Banyak sampah yang berserakan disekitar pohon sawit. Padahal tanahnya sangat subur karena banyak ditemukan cacing disekitar pohon sawit.          Seharusnya jika tempat dan lingkungan disekitarnya sudah mendukung, kelapa sawit ini bisa hidup lebih subur dan lebih terawat lagi. Agar hasil yang didapat juga memuaskan

0 komentar :

Posting Komentar