Selasa, 17 Januari 2012

Bagi Anda yang masih menggunakan browser Internet Explorer 6 (IE6), maka bersiap-siaplah untuk melakukan upgrade ke IE dengan versi yang lebih up to date. Hal ini dikarenakan Microsoft berencana ‘mematikan’ browser yang sudah cukup berumur ini. Beberapa kekurangan yang masih terdapat pada browser ini menjadi alasan Microsoft untuk membujuk penggunanya beralih ke browser IE terbaru. Seperti telah diketahui sebelumnya, IE6 banyak memiliki celah-celah keamanan yang kerap dimanfaatkan oleh para peretas (hacker). Belum lagi, hadirnya beragam browser baru yang menawarkan berbagai fitur khususnya pada aspek keamanan turut andil dalam menenggelamkan IE6. Tak hanya itu, para pengembang web pun telah enggan untuk menyertakan dukungan akses pada IE6. Hal ini terkait tidak adanya dukungan penuh yang disediakan IE6 terhadap teknologi-teknologi web terbaru seperti CSS3. Bahkan dukungan yang diberikan pada CSS2 pun dikategorikan sebagai dukungan ‘setengah hati’.
Akan tetapi, membujuk para pengguna IE6 untuk beralih pada IE versi terbaru pun rupanya bukan perkara yang mudah bagi Microsoft. Betapa tidak, IE6 masih banyak digunakan khususnya di beberapa level birokrasi pada beberapa Negara yang cenderung enggan untuk beralih. Bahkan dengan pemberitahuan pada pengguna IE6 mengenai ‘penghapusan’ IE6 yang akan dilaksanakan mulai tahun 2013 pun ternyata tak memuluskan upaya Microsoft untuk menekan angka pengguna IE6 di seluruh dunia. Buktinya, sampai saat ini masih ada sekitar 8,6 % pengguna internet di dunia yang masih setia dengan IE6 dengan mayoritas dari jumlah tersebut berada di China.
Melihat kondisi ini, Microsoft berencana akan benar-benar menghapus IE6 pada tahun ini. Salah satu cara yang ditempuh adalah ‘memaksa’ para pengguna IE6 untuk segera beralih ke IE8 atau IE9. Ini berarti browser IE6 pada komputer penggunanya akan di-upgrade­ secara otomatis ke IE8 atau IE9. Para pengguna IE di Windows 7 nantinya akan menemukan bahwa browser IE6 mereka akan secara otomatis di-upgrade ke IE9 sementara para pengguna Windows XP akan menemukan IE6 mereka telah di-upgrade ke IE8. Namun demikian, sepanjang 2012 ini para pengguna IE6 masih diberi kesempatan untuk memilih apakah akan meng-upgrade sendiri IE6 mereka atau tidak.
Sebagai uji coba, Microsoft akan melakukan upgrade diam-diam pada para pengguna Windows di Brazil dan Australia. Metode ini sebelumnya juga telah dilakukan Google untuk menekan penggunanya agar melakukan upgrade pada browser Google Chrome mereka. Para pengguna IE6 pun tampaknya mau tidak mau harus melakukan upgrade browser mereka setelah banyak pihak menyatakan secara resmi tidak akan menyertakan dukungannya lagi pada IE6 termasuk Facebook melalui fitur timeline-nya yang terang-terangan menyatakan tidak menyatakan tak mendukung IE6.

0 komentar :

Posting Komentar